Diberdayakan oleh Blogger.

Apa Artinya Jika Orang Dayak Kanayatn Meneriakan "GAJAH" ???

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata"

Jika Anda mendengar kata "GAJAH", mungkin yang terbesit di benak anda adalah "seekor binatang berbadan besar, memiliki belalai dan kuping yang lebar". Yah, itulah sedikit gambaran mengenai salah satu binatang besar yang sering kita lihat di tayangan televisi, melalui program National Geographic, acara-acara tentang satwa, dan lain-lain.

Gajah memang dikenal sebagai binatang buas, memiliki kekuatan yang begitu besar dan berperawakan menakutkan. Namun, Jika Anda berjalan-jalan ke daerah Kalimantan Barat, tepatnya Kabupaten Landak, Anda akan menjumpai beberapa tempat yang dihuni oleh Suku Dayak Kanayatn. Lalu apa hubungannya dengan kata-kata GAJAH ???

Suku Dayak Kanayatn memiliki kebiasaan menyebut kata GAJAH pada sa'at terkejut, ketakutan bahkan juga terbawa-bawa pada sa'at merasa sangat senang. Kebetulan juga saya adalah salah satu dari komunitas
tersebut, mungkin jika saya di translete menggunakan VIVIECK TRANSLETE ke bahasa Indonesia, kata-kata yang tepat adalah ASTAGA ataupun YA AMPUN.

Namun suatu pertanyaan muncul, Mengapa Kebiasaan Itu Ada?? Mungkinkah zaman dahulu ada Gajah di Kalimantan Barat?? Jika ada, mungkinkah ia selalu menyerang masyarakat?? Atau, Gajah itu Nama Seseorang Yang Sangat di takuti???   

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata"

Terdapat 8 komentar:

Pakde Sulas at: 29 Juli 2010 23.32 mengatakan...

lain ladang lain ilalang lain lubuk lain ikannya kalo orang jawa bilang " mawa desa mawa cara" , jadi setali tiga uang , jadi setiap daerah punya kebiasaan sendiri, yang penting jangan berkonotasi "jorok" saja he he he....

Rawins at: 29 Juli 2010 23.49 mengatakan...

wah malah bagus tuh. daripada orang jogja kalo kaget bilangnya afu... hahaha

Vivieck at: 30 Juli 2010 03.47 mengatakan...

haha...berarti tiap daerah ada ciri khas nya msing2 donk...artinya indonesia itu indah bagaikan pelangi...

gaelby at: 30 Juli 2010 04.05 mengatakan...

Nice sharing !
Suku Bima Ntb klo kaget, "iraeee..." :))
Ini kunjungan dan follow balikqu bro, salam sahabat :)

Riska mbem at: 30 Juli 2010 04.14 mengatakan...

iya, setuju. mending itu...
ketimbang di surabaya kalo kaget pasti pake kata2 mutiara janc*k hadeee parahnya kotaku -,-

Gaphe at: 30 Juli 2010 05.41 mengatakan...

hahaha... untung bukan kancil, buaya, komodo...

Vivieck at: 30 Juli 2010 06.52 mengatakan...

wah...wah...makin bnyak aja yg aneh-aneh..hehe

Boy DeLanov at: 6 Agustus 2010 11.14 mengatakan...

Like this....
wakakakak
:D

Posting Komentar

Yang Mau Lempar Kacang Silahkan, Gratis kox,
Tapi siap-siap aja malam ini aku gentayangin,
wkwkwkwkwkwk

Ayukng