Diberdayakan oleh Blogger.

Menjadi Kaya Dan Sukses Dalam Sekejap !!!

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata"
Siapa yang nggak mau kalau ada tawaran untuk dapat menjadi kaya dan sukses dalam sekejap??? Mungkin semua orang pasti akan mau menerima tawaran tersebut, tak terkecuali saya sendiri. Namun apakah hal itu ada di dunia ini ??? Terus terang saja saya masih belum begitu tau dan belum pernah juga melihat ada orang yang mengalami hal tersebut.

Semasa kecil, saya pernah mendengar sebuah dongeng yang menceritakan kisah hidup seorang remaja, dengan cita-cita ingin menjadi orang kaya dan sukses di negrinya. Cita-cita ini berawal dari kehidupan keluarganya yang serba berkekurangan, di sebuah kota yang sangat padat penduduknya. Remaja ini bernama Samongkek.

Samongkek merupakan seorang remaja yang lumayan pintar di sekolahnya. Namun kepintarannya ini tidak di barengi dengan kondisi ekonomi yang baik dari keluarganya. Setiap pulang sekolah, ia selalu bekerja sebagai penjual makanan ringan yang tak banyak hasilnya. Hal ini ia lakukan untuk membiayai uang sekolah nya dan juga untuk membantu orang tuanya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Suatu hari, samongkek seperti biasanya selepas sekolah mulai berjualan makanan ringan. Ia berkeliling-keliling kota untuk mejajakan dagangan nya itu. Namun nasib sepertinya tak berpihak kepadanya pada hari itu. Setelah berkeliling selama 4 jam, tak satu pun dagangan nya yang laku. Ia merasa heran akan nasib nya pada hari itu. Ia mulai putus asa dan dengan keringat yang bercucuran membasahi badan nya, ia mencoba beristirahat sejenak di sebuah taman kecil di pinggir kota.

Sa'at sedang beristirahat sambil memikirkan nasib nya, tiba-tiba saja ia melihat seorang wanita tua sedang menangis sambil memegan bagian perut nya. Atas dasar rasa iba, ia menghampiri wanita tua itu dan bertanya,
"nenek kenapa?" tanyanya iba, "sudah 3 hari saya tidak makan, saya tidak bisa bekerja lagi karena kaki saya terluka dan saya tidak bisa berjalan" jawab wanita itu. Samongkek sangat prihatin dengan kondisi wanita tua itu, ia mengambil beberapa dagangan nya dan memberikan nya kepada wanita tua itu. Wanita tua itu sangat senang menerima nya dan mengucapkan terimakasih kepadanya.

Ternyata tak hanya ucapan terimakasih yang diberikan oleh wanita tua itu. Ia memberikan sebuah buku tulis kepada samongkek sambil berkata "buku ini dapat mengabulkan semua permintaan mu nak, apa pun yang kamu mau pasti bisa di kabul kan". Samongkek sangat keheranan mendengar pekataan orang tua itu, sambil memperhatikan buku itu, ia berfikir apakah mungkin hal itu bisa terjadi??? Tak beberapa lama ia mengalihkan pandangan nya kepada wanita tua tersebut, tapi wanita itu sudah menghilang dari tempat itu.

Di tengah jalan samongkek terus memikirkan perihal buku tersebut, ia sangat penasaran akan ke ampuhan buku itu, ia pun tak bisa tidur karna terus berfikir tentang buku tersebut.  Tak lama kemudian akhirnya ia dapat tertidur juga. Buku tersebut di peluknya erat ketika ia tertidur.

Keesokan hari nya, seperti biasa ia harus pergi kesekolah. Buku pemberian wanita tua itu dibawa nya juga kesekolah. Karena buku catatan nya sudah habis, ia menggunakan buku itu untuk mencatat semua materi pelajaran yang diberikan oleh guru-guru nya.  Ia bahkan tak peduli akan asal muasal dan keampuhan buku tersebut. Ia terus menggunakan buku itu pada hari-hari berikut nya untuk mencatat semua materi yang di berikan oleh gurunya.

Singkat cerita, ulangan sekolah pun dimulai.  Samongkek mengikuti ulangan dengan rasa penuh percaya diri. Persiapan yang dilakukan nya selama ini rasa nya sudah cukup matang. Dalam mengisi soalpun ia tak menemukan kendala-kendala yang berarti.
Seminggu kemudian, tiba sa'at nya untuk melihat hasil yang di dapat dalam mengikuti pelajaran selama 1 semester. Hasilnya sangat memuaskan ! Samongkek berhasil menjadi juara kelas untuk yang pertama kali nya. Rasa bangga dan senang bergeolak di dada nya. Perjuangan yang selama ini ia lakukan tak sia-sia. Ia pun tak lupa mengucap kan syukurnya kepada Tuhan.

Ketika malam tiba, ia tertidur dengan pulas. Dalam tidurnya ia bermimpi, bertemu dengan wanita tua yang telah memberinya buku pada waktu itu. Wanita tua iu terlihat berpakaian sangat bersih dan tersenyum kepadanya sambil berkata "selamat nak, kamu sudah mendapatkan khasiat dari buku itu, yaitu tabungan untuk masa depan mu. Kamu telah menggunakan buku itu dengan bijak dan sebagai mana mestinya. Kunci kesuksesan mu adalah pada kerja keras dan semangat yang ada dalam dirimu".

Sewaktu kecil, saya tidak mengerti akan maksud dari ceita tersebut. Menurut saya cerita itu aneh dan nggak nyambung sama sekali. Saya mengira bahwa buku tersebut seprti lampu ajaibnya aladin atau seperti kantong ajaib nya doraemon. Sungguh cerita yang sangat mengecewakan bagi saya pada sa'at itu.

Baru-baru ini saya sadar akan makna dan pesan dari cerita ini. Menurut saya pesan inti dai cerita tersebut adalah "tak ada keberhasilan instan, tanpa kerja keras dan semangat, hal tersebut hampir tidak mungkin terjadi, atau bahkan tak akan pernah terjadi". Yah...salah satu yang saya simpulkan adakah demikian, saya tidak tau dengan pendapat temen-teman semua, tentunya kita memiliki pandangan masing-masing.

Semoga Bermanfa'at !!!

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata"

Terdapat 4 komentar:

Rizky2009 at: 28 Juli 2010 23.11 mengatakan...

semua itu butuh proses gan, salam kenal d tunggu coment dan follow baliknya jika berkenan

Dwi at: 29 Juli 2010 07.31 mengatakan...

bener sob, kekayaan yang datang sekejap biasanya ga akan kekal, semua memang perlu kerja keras dan berdoa tentunya..

ijin tuker follow sob, thanks kunjungannya..

Vivieck at: 29 Juli 2010 08.19 mengatakan...

thxs buat coment and follownya ya sob...
salam kenal...

linktea at: 31 Juli 2010 07.41 mengatakan...

Wah mau nih kayak mendadak sob.. hehe

Posting Komentar

Yang Mau Lempar Kacang Silahkan, Gratis kox,
Tapi siap-siap aja malam ini aku gentayangin,
wkwkwkwkwkwk

Ayukng