Diberdayakan oleh Blogger.

Setelah Lulus SMA Mau Ngapain Ya???

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata"

Jadi ingat satu Tahun Yang Lalu, masih pake seragam putih abu-abu, celana panjang abu-abu dan baju kemeja putih. Setahun yang lalu juga saya menghadapi situasi yang sangat menguras otak, bahkan membuat stress dan fikiran menjadi kacau. Memang situasi seperti ini pasti dirasakan oleh para remaja yang telah menyelesaikan studynya di SMA, dimana langkah berikut yang harus di ambil selalu di kaitkan dengan masa depan yang akan di dapat di kemudian hari. Masa depan yang di maksud menurut saya mungkin berkaitan dengan Karier, Keluarga, Ekonomi dan Kebahagiaan.
Hal ini wajar kalau menurut saya, karna saya sendiri juga merasakan. Mau cerita sedikit nih, dulu waktu lulus SMA, saya mempunyai beberapa pilihan yang harus saya ambil. Tentunya berkaitan dengan study yang selanjutya. Akan tetapi, waktu itu saya mempunyai pilihan lain, yaitu tidak melanjutkan studi melainkan mencoba untuk memasuki dunia kerja. Memang kalau di fikir-fikir umur saya pada sa’at itu masih sangat muda, namun pilihan itu serasa tepat bagi saya. Namun setelah mendengar mandat dari Orang Tua untuk kuliah, akhirnya keinginan itu terurungkan dan saya mulai mengikuti tes untuk masuk kuliah. Ternyata masalah nya tidak berhenti disini, berulang-ulang kali di tolak oleh berbagai Universitas membuat saya jadi patah semangat. Mungkin karna otak saya yang pas-pas an, jadinya ditolak terus!! Tapi Puji Tuhan, akhirnya saya bisa juga di terima di salah satu Universitas Negri di Negri yang tercinta ini,.
Yah…jadi cerita, hehe, Ok… kembali ke pokok utama, menentukan pilihan ketika ingin kuliah ataupun bekerja memang sangat menguras otak. Mungkin cara yang terbaik untuk menentukan pilihan adalah dengan bertanya kepada orang-orang yang dianggap lebih tua dan berpengalaman. Bisa juga bertanya kepada Guru anda di sekolah, dalam hal ini biasanya sasaran bertanya adalah Guru Konseling. Sampaikanlah kepada mereka mengenai masalah yang sedang anda hadapi. Kemugkinan besar pertanyaan-pertanyaan yang ada di kepala anda akan terjawab.
Jika anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah, saran saya anda sebaiknya memilih Jurusan yang sesuai dengan minat, hoby, bakat dan kemampuan anda. hal ini agaknya akan berpengaruh kedepannya dalam menjalani dan mengikuti perkuliahan.
Dalam hal ini bukan berarti saya adalah pakarnya, saya hanya ingin berbagi saja dan saya tidak ingin anda menyesal seperti saya ( agak nyesel tapi yawdahlah, dijalani aja, akhirnya lumayan senang juga ).
Semoga Bermanfaat !!!

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata"

Terdapat 2 komentar:

Dodik at: 21 Juli 2010 19.04 mengatakan...

maju terus...
belajar sampai mampus!

Vivieck at: 22 Juli 2010 04.59 mengatakan...

mampus sih nggak gan...cma ampe nggak ada nyawa aja...
yah...sama aja...hihi

Posting Komentar

Yang Mau Lempar Kacang Silahkan, Gratis kox,
Tapi siap-siap aja malam ini aku gentayangin,
wkwkwkwkwkwk

Ayukng